Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Lebih Dekat Tanaman Janda Bolong - ATH Aneka Tanaman Hias

Belum lama ini banyak pencinta tanaman mencari tanaman yang namanya sedikit lucu, yaitu janda bolongNama yang unik ini hanya julukan karena ada lubang atau bolong di bagian daun-daunnya. Kalau kata 'jandanya' kami jujur belum yakin mengetahuinya dari mana. 

Sebenarnya kita sudah sering melihat varietas ini, biasa dikenal dengan nama Monstera adansonii.

Bentuk daunnya yang runcing menjadikannya semakin cantik dengan aksen lubang di semua daun-daunnya dengan ukuran tak beraturan. Harga tanaman ini di polybag dengan tiga sampai empat daun hanya berkisar Rp10 ribuan saja. 

Tanaman yang asalnya dari Jepang ini memang sedang trending. Tapi yang sedang hits bukanlah varietas yang umum tadi, melainkan satu varietas lain yaitu Monstera Adansonii Variegata

Si janda bolong yang satu ini saat ini harganya mungkin setara dengan mahar perkawinan Anda.

Dalam laman Media Indonesia, pegiat tanaman hias Ondo Pieter Hugo Pardede mengatakan bahwa Monstera Adansonii Variegata saat ini sedang banyak dicari orang dan kolektor tanaman hias karena keunikan bentuk dan warnanya.

Baca juga: Pengetahuan Lengkap Mengenai Bonsai

Asal Tanaman Monstera

Nama monstera berasal dari bahasa Latin yaitu monstrous atau berarti abnormal. Penamaan tersebut bukan tanpa alasan, ini disebabkan bentuk daunnya memang cukup unik.


Pinggirannya memiliki bagian seperti robek dan bolong, namun memang seperti itulah bentuk aslinya. Monstera sendiri berasal dari Meksiko serta hutan-hutan tropis di daerah Benua Amerika.


Terdapat lebih dari 50 jenis monstera yang tumbuh di dunia, di antaranya:

  • Monstera Acacoyageunsis
  • Monstera Adansonii
  • Monstera Alticola
  • Monstera Barrieri
  • Monstera Buseyi
  • Monstera Coloradensis
  • Monstera Deliciosa
  • Monstera Dubia
  • Monstera Epipremnoides
  • Monstera Filamentosa
  • Monstera Tenois
  • Monstera Vasquezii

Namun yang paling sering digunakan sebagai tanaman dekorasi adalah jenis monstera deliciosa.

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Kaktus

janda bolong’ alias janbol. Nama aslinya adalah monstera adansonii variegated dari family araceae. Salah satu tanaman tropical plants (tanaman kekinian) yang lagi diminati dan dicari oleh plant lovers dan plants collector karena keistimewaan variegated-nya. 

Lalu kenapa disebut janda bolong?

Jangan berpikiran macam-macam dulu yah!

Ternyata, tanaman satu ini memiliki kekhasan dari penampakan dedaunnya yang bolong atau berlubang. Itu sebabnya orang Indonesia menyebutnya janda bolong. Oya, lubang di daun tanaman ini bukan karena penyakit atau serangan hama loh, tetapi benar-benar otentik.

Nah, akibat bolong di daunnya inilah yang menyebabkan harganya melangit. Tidak hanya itu, varietas satu ini tergolong langka. Iwan mendapatkan adansonii yang eksotik di Jepang dan Thailand. Sebetulnya, di Indonesia juga ada, cuma beda jenis dan beda warna.

Menurut Iwan, ada dua jenis monstera yaitu adansonii dan epioremiodes. Adansonii memiliki ciri khas antara lain: daun lebih oval, warna Hijau tua dan bolongnya lebih kecil. Sedangkan, epipremiodes bercorak daun panjang, warna daun hijau muda dan bolong daunnya lebih banyak dan besar.

Berikut adalah tampilan dari Tanaman janda Bolong tersebut

Monstera Adansonii Variegata atau disebut juga Janda bolong

Baca juga: Tips Membuat Sendiri PupuK Rumahan

Bagaimana? tertarik ingin memiliki tanaman Janda bolong ini.

 


 

Posting Komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat Tanaman Janda Bolong - ATH Aneka Tanaman Hias"