Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mari Buat Sendiri Pupuk Rumahan Yang Hemat Ongkos - ATH Aneka Tanaman Hias

Mari Buat Sendiri Pupuk Rumahan Yang Hemat Ongkos | Marilah kita belajar bagaimana membuat pupuk sendiri tanpa harus keluar banyak uang. Ini ada beberapa tips untuk membuat pupuk buatan rumah yang bisa Anda coba sendiri.

Pupuk Bubuk Kopi

Bubuk kopi

Kegunaan: menyuburkan tanaman bunga mawar

Bahan dibutuhkan: bubuk kopi, koran, kertas roti

Letakkan kertas roti di atas kertas koran lalu sebar bubuk kopi di atas kertas roti dan biarkan hingga benar-benar mengering tak lagi memiliki kandungan air.

Taburkan bubuk kopi kering di tanah sekitar tanaman yang menyukai asam seperti azalea. mawar, rhododendrons dan buah berri. Jika perlu buka buku panduan tanaman untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan penyuka asam.

Catatan: Berhati-hatilah jangan terlalu banyak memberikan pupuk ini, bahkan tumbuhan pecinta asam bisa mendapat terlalu banyak asam.

Manfaat: bubuk kopi kaya akan nitrogen, magnesium dan potassium--semua adalah nutrisi penting bagi tumbuhan. Mereka juga bersifat asam sehingga membantu menjaga tingkat kadar asam pada tanah.

Pupuk bubuk cangkang telur

Cangkang Telur

Kegunaan: Jeruk dan lemon

Bahan yang dibutuhkan: Cangkang telur dan blender

Cara membuat: Setiap kali memasak telur jangan buang cangkangnya. Simpan dan biarkan hingga mengering. Tempatkan cangkang telur kering dalam blender dan hancurkan hingga mereka benar-benar menjadi tepung. Taburkan di taman Anda.

Manfaat: cangkang telur hampir seluruhnya terbuat dari kalsium karbonat--ini adalah bahan utama yang dibutuhkan dalam perkebunan lemon.

Pupuk Cuka

Kegunaan: pupuk tanaman pangan rumah, tanaman bunga mawar

Bahan yang dibutuhkan
  • 1 sendok makan cuka
  • 1 galon air
  • kaleng penyiram air

Campur cuka dengan air dan gunakan larutan ini untuk menyiram tanaman Anda. Ulangi lagi sekali setiap tiga bulan.

Manfaat: asam asetat dalam cuka bekerja untuk meningkatkan kadar asam dalam tanah, tentu saja gunakan hanya untuk tanaman yang menyukai asam.

Pupuk air akuarium yang kotor

Aiir akuarium yang kotor

Jangan buang air akuarium saat Anda hendak mengganti dengan air bersih. Alih-alih gunakan untuk menyiram tanaman Anda.

Manfaat: Air akuarium kaya dengan notrigen dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh dan menghasilkan baik buah atau bunga.
 

Pupuk abu kayu bakar.

Abu Kayu Bakar

Kegunaan untuk pupuk taman dan lemon

Bahan dibutuhkan: abu kayu bakar.

Taburkan abu kayu bakar di atas taman dan biarkan menyerap ke tanah

Catatan: abu kayu bakar tidak seharusnya digunakan bila tanah mengandung alkalin tinggi, dianjurkan untuk tanaman yang suka asam.

Demikianlah postingan kali ini mengenai "Mari Buat Sendiri Pupuk Rumahan Yang Hemat Ongkos". Semoga bermanfaat buat kalian semua para pecinta tanaman.

Posting Komentar untuk "Mari Buat Sendiri Pupuk Rumahan Yang Hemat Ongkos - ATH Aneka Tanaman Hias"