Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar - ATH Aneka Tanaman Hias

Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar | Merawat mawar juga bukanlah hal yang sulit karena sebenarnya bunga ini tidak memerlukan banyak perawatan. Pada masa satu atau dua bulan pertama setelah penanaman, tanaman mawar harus disiram setiap hari secara teratur.

Pada pagi hari kita harus menyiram tanahnya saja hingga terserap ke bagian bawahnya. Lalu pada sore hari ketika matahari sudah tidak begitu terlihat kita lakukan penyiraman pada daunnya.
 
Namun setelah melewati masa dua bulan tersebut, bunga mawar tidak perlu disiram sering-sering, cukup satu hari atau dua hari sekali. Bila mawar sudah berbunga jangan lupa untuk memangkas dahan-dahan pohon yang sudah kering yang bertujuan agar bunga mawar tersebut akan lebih sering berbunga di dahan-dahan yang baru tumbuh.
 
Namun dahan-dahan yang telah dipangkas jangan langsung dibuang karena dahan-dahan itu dapat ditanam kembali di tempat lain. Selain itu juga memangkas buah cabang-cabang yang mengarah ke dalam tanaman agar tanaman mawar tersebut bisa dengan mudah bernafas dan menyerap zat-zat yang bagus untuk pertumbuhannya.

Pemangkasan ini bagus dilakukan jika kita ingin agar bunga mawar berbunga banyak tanpa henti. Selain itu dengan pemangkasan maka akan muncul tunas baru dari mawar tersebut dengan tangkai yang lebih panjang, karena jika tidak dipangkas maka tangkai bunga mawar akan pendek dan juga tidak menghasilkan bunga yang banyak. Di negara yang memiliki empat musim pemangkasan biasanya dilakukan pada saat musim gugur dan atau menjelang musim semi.

Menanam Bunga Mawar

Menanam bunga mawar bukanlah hal yang terbilang sulit jika kita sudah mengetahui bagaimana caranya. Hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah membeli bunga mawar untuk ditanam.  Lalu buatlah lubang di tanah yang subur untuk bisa menanam tanaman tersebut. Yang harus diingat adalah bunga mawar bisa ditanam di tanah (kebun) namun juga bisa ditanam di pot.

Jika ingin menanam dikebun kita harus membuat lubang yang besar dan dalam berukuran  50 x 50 x 50 cm. Sedangkan jika ditanam di pot kita harus menggunakan pot yang cukup besar, jangan terlalu kecil karena jika ditanam di lubang yang besar maka akar dari bunga mawar tersebut akan berkembang kemudian menyebar ke dalam tanah pada tahun pertama.

Hal itu membuat bunga mawar akan kuat dan tahan terhadap serangan hama dan juga terhadap kekeringan. Jika kita menggunakan pot maka kita harus lebih sering merawat bunga tersebut dibandingkan dengan tidak menggunakan pot.
tersebut. Namun sebelumnya bersihkan dahulu lokasi penanaman bunga mawar dari sampah, rumput-rumput liar, dan juga batu kerikil. Tanaman mawar cocok pada tanah liat berpasir, subur, gembur, banyak bahan organik, aerasi dan drainase baik.

Selain itu pupuk kandang yang digunakan adalah pupuk yang sudah jadi bukan yang masih segar. Karena pupuk kandang yang masih segar bisa membuat bunga mawar menjadi mati, selain itu bau yang dihasilkan juga sangat menyengat. Perbandingan antara tanah humus, pupuk kandang, dan juga pasir adalah 1:1:1.

Khusus untuk menanam di pot perlu ditambahkan pecahan bata merah atau genteng atau arang yang berfungsi sebagai pengisap kelebihan air serta memudahkan pemindahan tanaman dari pot ke kebun atau ke tempat tanam yang baru. Kemudian lubangi dasar pot untuk kelebihan air dan basahi pot dengan air hingga cukup basah. Lalu isikan pecahan bata merah pada dasar pot setebal ±1 cm dan jangan membuat lubang pembuangan air di dasar pot tersumbat.
 

Syarat Tumbuh Bunga Mawar

Tanaman bunga mawar yang akan dibududayakan sebaiknya tidak bercampur dengan tanaman lain karena akar tanaman akan kalah  bersaing dalam memperebutkan makanan. Tanaman mawar budidaya tanaman di bedengan dengan memperhatikan beberapa syarat utama, yaitu berikut ini. 
  1. Iklim. Angin tidak mempengaruhi dalam pertumbuhan bunga mawar. Disamping itu tanaman mawar mempunyai adaptasi sangat luas terhadap lingkungan tumbuh dan dapat ditanam di daerah beriklim dingin/subtropis maupun didaerah panas/tropis
  2. Media tanam. Penanaman dilakukan secara lansung pada tanah secara permanen dikebun atau didalam pot. Tanaman mawar akan tumbuh baik dilahan yang telah mengalami pengolahan terlebih dahulu.
  3. Ketinggian tempat. Mawar tumbuh baik pada.Ketinggian 560-800 dpl suhu udara minimum 16-18C dan maksimum 28-30C ; ketinggian 1100m dpl, suhu udara minimun 14-16C dan maksimum 24-27C ; Ketinggian 1.400m dpl, suhu udara minimum 13,7-15,6C dan Maksimun 19,5-22,6C

Bunga mawar dapat dapat tumbuh sampai ketinggian 900M dpl.Di bawah ketinggian ini kuncup bunga menjadi lebih kecil. Kisaran tumbuh bunga mawar 700-1200 m DPL

Di daerah tropis seperti Indonesia tanaman mawar dapat tumbuh dan produktif berbunga didataran rendah sampai tinggi (Pegunungan) rata-rata 1500 m dpl

Posting Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Mawar - ATH Aneka Tanaman Hias"