Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Tanaman Hias Untuk Halaman Rumah - ATH Aneka Tanaman Hias


Tips memilih tanaman hias untuk halaman rumah terbaru | Keberadaan tanaman merupakan sisi lain yang tidak bisa dipisahkan dari suasana kehidupan di halaman rumah. Selain akan lebih mempercantik desain rumah, pemilihan tanaman yang tepat juga bisa memberikan kesan istimewa dari sebuah rumah.

Aneka Tanaman Hias Untuk Ditanam Di Halaman Rumah

Jika anda merasa kesulitan dalam menentukan tanaman apa saja yang akan anda tanam dalam area halaman. Cobalah untuk memulainya dengan memilih tanaman favorit Anda. Bisa berupa daun-daun, pohon buah atau bunga berwarna indah. Ada beberapa tips dalam menciptakan seni di halaman rumah. Berikut ini adalah tips selengkapnya untuk Anda:
 

Pilihlah Tanaman Yang Tahan Panas

Suhu udara di luar ruangan sering kali membuat tanaman yang kita idamkan tidak tumbuh sebagaimana mestinya. Misalnya daun yang sering rontok ataupun bunga yang cepat gugur. Solusinya adalah dengan memilih jenis tanaman yang tahan dengan udara panas di Indonesia.

Ada beberapa tips dalam mengenali tanaman hias yang tahan panas.
  1. Mulailah dengan memperhatikan ketebalan daun, semakin tebal daun maka akan semakin tahan terik matahari.
  2. Kemudian dengan meraba permukaan daun, apabila terasa seperti ada lapisan minyak mengkilap, artinya tahan panas.
  3. Bisa juga dengan melalui ada tidaknya bulu dan duri yang tumbuh di rantingnya serta ukuran bunga yang kecil.

Tanam di dalam pot

Ketika kita ingin membuat sebuah halaman di lahan yang sempit, cobalah untuk menanam pepohonan di dalam beberapa pot. Kelebihan penggunaan media pot daripada langsung ditanam di tanah adalah praktis, mudah dipindahkan, mudah merawatnya, dan halaman menjadi rapi. Selain itu penggunaan pot juga agar halaman tidak terlalu rimbun dan terbebas dari kesan kumuh.
 

Tanaman Hias Indoor

Belakangan ini muncul gaya rumah dengan halaman yang ada di dalam ruangan (indoor). Anda juga bisa menerapkannya dengan memilih tumbuh-tumbuhan yang bisa hidup di suhu ruangan dan tahan dengan tingkat kelembaban yang rendah.

Ada dua jenis tanaman yang bisa dinikmati di dalam ruangan yaitu:
  1. jenis tanaman berbunga, sebagai contoh tanaman berbunga adalah anggrek, mawar, dan lain-lain.
  2. jenis tanaman berdaun, untuk tanaman berdaun adalah gelombang cinta, lidah mertua, sanseviera, dan sebagainya.

Jenis tanaman ini diatas dipilih karena mempunyai corak dan warna daun yang cantik. Selain sebagai trend mode desain rumah terbaru, penempatan tanaman-tanaman hias di dalam rumah ini berguna sebagai pembatas dan menghidupkan suasana di dalam rumah.

Mudah dirawat

Mudah dirawat | Tidak mau kan rumah Anda terlihat berantakan karena tumbuhan yang hidup secara liar? Karena itu sangat dianjurkan untuk memilih tanaman yang mudah dirawat. Selain Anda tidak perlu repot-repot selalu membersihkan halaman, keindahan halaman rumah pun akan terjaga lebih lama. Dracaena, sanseviera, philodendron adalah contoh tanaman yang masuk ke dalam kriteria ini.

Berdaun kecil

Tanaman berdaun kecil sangat cocok untuk menghasilkan halaman rumah berseni. Anda bisa memangkasnya menjadi berbagai bentuk yang unik sehingga didapatkan harmonisasi dengan ruangan sekitar. Anda juga bisa memilih daun berwarna selain hijau untuk menimbulkan kesan yang unik. Sebagai contoh tanaman dengan daun kecil adalah jenis pohon teh.

Sumber oksigen

Jangan lupa untuk memperhatikan fungsi utama sebuah halaman adalah sebagai sumber udara segar dan menjaga sirkulasi oksigen di sekitarnya. Pilihlah pepohonan yang bisa memproduksi oksigen dalam jumlah banyak. Ciri-cirinya adalah berwarna hijau segar serta menyukai sinar matahari.

Sekian dulu postingan saya mengenai "Tips Memilih Tanaman Hias Untuk Halaman Rumah" Semoga bermanfaat.

Anda juga bisa membaca artikel ATH yang lain, seperti "Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan" semoga artikel - artikel tersebut banyak memberikan manfaat bagi anda - anda sekalin.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Tanaman Hias Untuk Halaman Rumah - ATH Aneka Tanaman Hias"