Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal lebih dekat Tanaman Sansevieria - ATH Aneka Tanaman Hias

Mengenal lebih dekat Tanaman Sansevieria | Di era modern ini, kita sangat sering menggunakan peralatan elektronik dan peralatan  lainnya, namun kita kurang mengetahui dampak peralatan - peralatan tersebut dalam lingkungan dan kesehatan bagi bumi kita

Nah, disini admin akan membagi kepada pembaca setia ATH (Aneka Tanaman Hias) salah satu manfaat tamanam hias bagi kesehatan bumi kita ini, namun bukan hanya sekedar tanaman hias semata, yang admin maksud adalah daun serat sejuta manfaat yaitu  tanaman Sanseveiria

Tumbuhan hijau, seperti Sansevieria merupakan salah satu penghasil Oksigen (O2) yang mana udara itu merupakan kebutuhan  karena kita hirup sehari-hari. Terkadang, ada sebuah keinginan untuk dapat menghirup udara segar di tengah lingkungan yang penuh polusi. Jika harus menanam tanaman pelindung di depan rumah, mungkin memerlukan waktu yang cukup lama samapai tanaman tersebut tumbuh tinggi dan bermanfaaat.

Atau jika menginginkan tanaman hias diletakkan di dalam rumah, Anda perlu berhati-hati dan bijak memilih apakah tumbuhan tersebut cocok untuk berada di dalam rumah atau tidak. Karena, tumbuhan tidak cocok dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah karena tumbuhan tersebut memerlukan cahaya matahari dan air yang cukup.

Jika anda penggila tanaman hias, pasti anda akan tertarik dengan tanaman yang dibahas ini. Karena, tanaman ini memenuhi kriteria tanaman hias untuk di letakkan di dalam atau di luar rumah. 

Tanaman yang admin maksud disini adalah Sansevieria atau yang sering kita kenal sebagai sebutan Lidah Mertua. Ada juga yang menamakan sebagai tanaman Pedang-pedangan, kenapa disebut demikian??

Tanaman Sansevieria, Tanaman Pedang - pedangan, Tanaman Lidah Mertua

jawabannya, “karena bentuk daunnya yang memanjang dan runcing  seperti bilah pedang, ada pula yang menjawab sebagai tanaman ular, karena ada beberapa jenis tanaman  ini yang menyerupai sisik ular.
 

Seperti Apakan Tanaman Sansevieria??


Sansevieria merupakan nama marga sebuah tanaman yang populer sebagai tanaman hias. Tanaman ini mempunyai daun yang keras, tumbuh tegak dengan ujung daun yang meruncing, bahkan terkadang daunnya tampak seperti ular yang sedang meliuk-liuk. Tumbuhan ini berkembang melalui umbi lapis.

Sansevieria dapat juga dikatakan sebagai tanaman gurun. oleh sebab itu, bentuk tumbuhan ini begitu minimalis. selain itu, tanaman ini juga toleran terhadap cahaya rendah, air yang sedikit, serta kondisi tanah yang buruk. Tanaman ini memang cocok tumbuh di daerah tropis seperti di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, tanaman ini sudah cukup lama hadir sebagai tanaman hias yang klasik. Tanaman “UNIK” ini kaya akan manfaat. Selain dapat memperindah rumah kalian, menyehatkan karena mampu menyerap racun dan polusi di udara, dan juga tanaman ini juga merupakan penghasil serat. Dahulu, orang menggunakan serat tanaman ini untuk membuat anyaman tali, kain, bahkan jangkar kapal.

Manfaat Tanaman Sansevieria

Tanaman Sansevieria mempunyai beberapa manfaat yang berguna bagi kita dan lingkungan. Namun, penting bagi kita untuk mengetahui kegunaan tersebut secara lebih mendalam. Mari, kita simak beberapa manfaat dan kegunaan tanaman Sansevieria ini.
  1. Serat untuk Tekstil, Tahukah kalian bahwa Sansevieria memiliki julukan lain, yaitu bowstringhemp. pasti dari kalian akan bertanya-tanya apakah “bowstringhemp” itu??, bowstringhemp adalah sebuah istilah untuk serat yang berfungsi untuk mengikat, semacam tali. Keunggulan inilah yang kemudian membuat lidah mertua dipakai sebagai bahan untuk membuat pakaian. Serat-serat pakaian pada zaman dahulu terbuat dari tanamna ini. Di beberapa negara berkembang, seperti CINA, tanaman ini dibudidaya sebagai bahan tekstil. Namun, tidak semua jenis tanaman ini di budidaya sebagai bahan tekstil. Beberapa jenis tanaman Sansevieria antara lain Sanaevieria cylindrica, Sanseviera kirkii, Sanseviera trifasciata, dan Sanseviera zeylanica
  2. No More Polution ( airfreshener ), Kelebihan tanaman ini tidak cukup sampai disini. Tahukah anda, senyawa aktif apa yang terdapat dalam tiap helai daun Sansevieria?? Zat senyawa itu adalah PREGNANE GLYKOSIDE. Zat tersebut memiliki fungsi luar biasa, yakni mampu mengurangi zat beracun menjadi senyawa-senyawa yang bermanfaat, misalnya, asam organik, gula, serta asam amino. Salah satu senyawa berbahaya yang mampu diuraikan oleh Sansevieria adalah Kloroform. Kloroform mampu menyerang sistem saraf manusia, jantung, paru-paru, dan ginjal yang dilakukannya melalui sistem pernapasan dan juga sirkulasi darah. (Baca Lebih Lanjut)
  3. Mampu Menyerap Radiasi, Di era modern sekarang ini, kita sering menggunakan alat-alat elektronik dan alat komunikasi tanpa mengikuti aturan yang sudah ada, tetapi kita tidak mengetahui dampak penggunan alat-alat tersebut bagi organ tubuh kita. Untungnya ada salah satu tanaman yang dapat mengurangi dampak tersebut. Tanaman yang saya maksud adalah Sansevieria. Ternyata tanaman ini dapat menyerap radiasi yang dipancarkan oleh alat-alat elektronik dan komunikasi  tersebut. kenapa biasa demikian??, karena daun Sansevieria memiliki unsur kimia yang dapat menangkal pancaran radiasi yang ada alat-alat elektronik dan alat komunikasi.

Bukan hanya manfaat yang saya tulis, tetapi lebih banyak manfaat lain sansevieria, Antara lain :sebagai tumbuhan penyerap racun, Sansevieria atau lidah mertua ternyata mempunyai berbagai khasiat lain. Manfaat itu antara lain seperti; penutup luka, antiseptik, obat wasir, cacar, cacing, penyakit mata dan telinga, dan juga sebagai bahan minuman penyegar tubuh. Beberapa jenis sansevieria juga berkhasiat sebagai anti malaria, anticendawan, antikolesterol, sampai antikanker.

Bca juga artikel kami yang lain "Manfaat Tanaman Hias Bagi Kesehatan". Semoga artikel - artikel yang ada di blog ini bermanfaat buat kalian pembaca setia ATH (Aneka Tanaman Hias)

1 komentar untuk "Mengenal lebih dekat Tanaman Sansevieria - ATH Aneka Tanaman Hias"

  1. saya gak begitu senang tentang tanaman, makasih mas belajar deh biar senang itu juga bisa buat keshatan yah

    BalasHapus