Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Media Tanam - ATH Aneka Tanaman Hias

Ini adalah kelanjutan dari postingan saya yang sebelumnya yang menceritakan tentang hal yang harus diperhatikan dalam budidaya tanaman hias.

Beberapa keuntungan penggunaan media tanam adalah  memudahkan pengepakan tanaman untuk tujuan pemasaran. Tanaman yang dibudidayakan didalam wadah menggunakan media tanam yang baik akan memudahkan dan menjamin pengiriman tanaman sampai tempat tujuan tanpa mengalami stres. 

Contoh media tanam

Penggunaan media tanam dapat membantu menentukan masa produksi yang tepat disamping juga dapat memperpanjang masa produksi. Hal ini dapat dilakukan dengan pengaturan pemberian hara yang tepat, sehingga hara tersebut dapat seluruhnya diambil oleh tanaman tanpa ada yang ditahan oleh media tanam, Karena penggunaan media tanam berkaitan erat dengan setiap aktivitas penanaman dalam wadah tanam, oleh karena itu pemilihan atau formulasi media tanam yang cocok sangatlah penting dalam budidaya tanaman dalam wadah. 

Beberapa  manfaat media tanam adalah:
  1. merupakan suport fisik terhadap tanaman, agar tanaman tetap dapat berdiri tegak, 
  2. mensuplai oksigen yang cukup, karena akar juga perlu respirasi untuk mendapatkan energi yang akhirnya digunakan untuk penyerapan hara, media juga harus dapat mensuplai air yang cukup, air di dalam media untuk memfasilitasi agar hara dapat terlarut dalam larutan tanah dan dapat diambil oleh tanaman, media harus mampu mensuplai hara yang cukup untuk pertumbuhan tanaman, 
  3. media tanam harus  cukup berat agar wadah tanaman dapat tetap tegak dan tidak mudah terguling.

Media tanam  yang ideal adalah media tanam yang sesuai dengan jenis/spesies/varietas tanaman yang akan ditanam menggunakan media tersebut. Media tanam harus juga dapat disesuaikan dengan ukuran dan bentuk wadah tanam. Pengaturan komposisi media juga sangat dipengaruhi oleh ukuran wadah agar kondisi optimum dapat dibangun untuk pertumbuhan tanaman.

Media tanam harus disesuaikan dengan kondisi  lingkungan tumbuh seperti penggunaan irigasi, salinitas air, intensitas cahaya, dan suhu. Media tanam yang ideal juga dapat disesuaikan dengan kondisi dan lokasi pasar  agar memudahkan penanganan tanaman, lokasi pasar yang jauh akan memerlukan jenis media tanam yang berbeda dengan lokasi yang dekat pasar terkait transportasi tanaman. Hal terakhir yang cukup penting dalam mebuat media tanam yang ideal adalah ketersediaan dan harga komponen media tanam yang melimpah dan terjangkau.

Terima kasih telah membaca postingan saya tentang "Manfaat Media Tanam". Di unggu postingan saya selanjutnya ya ^_^

1 komentar untuk "Manfaat Media Tanam - ATH Aneka Tanaman Hias"