Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis - Jenis Pohon Peneduh dan Kriterianya - ATH Aneka Tanaman Hias

Pohon pelindung atau tanaman pelindung adalah tanaman peneduh yang biasa di tanam dengan tujuan membuat area panas menjadi lebih sejuk dan bernuansa alami tanaman. tanaman pelindung atau pohon pelindung memiliki banyak jenis dan banyak nama - namanya dan dari kesemuanya itu memiliki karakter - karakter yang berbeda baik dari segi daunnya, bunganya, bentukan batangnya dan lain sebagainya.

Disini kami akan mencoba menuliskan artikel mengenai tanaman pelindung atau pohon pelindung yang kami simpulkan menjadi 15 jenis tanaman pelindung populer tahun ini.

Contoh Tanaman Peneduh

mengapa judul "Jenis - Jenis Pohon Peneduh dan Kriterianya " kami pilih dalam artikel ini. Pertama dari keseluruhan pohon pelindung yang ada, dan banyak permintaan mengenai tanaman pelindung ini di tahun ini.

Sebelum kita menyebutkan 15 Jenis Tanaman Pelindung Populer Tahun ini, alangkah baiknya kita perhatikan kriteria dari pohon pelindung yang akan kami jabarkan dibawah ini:

Kriteria Pohon Peneduh

  1. Dapat menyerap gas CO2 dan timbal secara lebih,
  2. Dapat menghasilkan Oksigen 
  3. Tinggi pohon lebih dari 3 meter, namun tidak lebih dari 12 meter, tahukah anda satu pohon bisa menjadi pabrik oksigen untuk 3 orang.
  4. rimbun dengan kerapatan daun yang bisa menutupi sinar matahari,
  5. Tajuk luas atau mampu menutupi area yang luas,
  6. Perawatannya mudah, 
  7. Pertumbuhan agak cepat, namun tetap saja harus menunggu sekitar 3 tahun,
  8. Daunnya tidak mudah rontok
  9. Rantingnya tidak mudah patah bila tertiup angin kencang, serta ranting atau cabang tidak berukuran terlalu besar, karena berbahaya bila tumbang dan menimpa orang yang berada di bawahnya atau genteng rumah,
  10. Akar kuat menghujam ke dalam tanah sehingga pohon tidak mudah tumbang bila tertiup angin kencang,
  11. Akar tidak timbul ke permukaan yang dapat merusak lantai dan tembok rumah atau trotoar, 
  12. Serbuk sarinya tidak bersifat alergi bagi penderita asma, dan disukai burung-burung.


Di perumahan-perumahan saat ini, biasanya menyediakan halaman untuk area tanaman dengan lebar 3×3 meter, pohon pelindung atau tanaman pelindung selain sebagai tanaman peneduh tanaman ini juga banyak di gunakan untuk penghias taman atau tanaman hias jalur hijau dan taman rumah atau perkantoran.

Jenis - Jenis Pohon peneduh

Berikut beberapa contoh tanaman pelindung atau pohon pelindung yang bisa di gunakan untuk taman
  1. Pohon Ketapang Kencana (Terminalia Mantaly)pohon ketapang kencana sekarang ini memiliki dua jenis yaitu ketapang kencana parigata atau ketapang kencana daun putih dan ketapang kencana daun hijau. disamping untuk tanaman pelindung atau tanaman peneduh tanaman ini juga mampu di jadikan tanaman penghias taman kami tukang taman berkah taman menyiapkan aneka jenis ukuran tinggi pohon dan diameter batang untuk tanaman ini.
  2. Pohon tabebuya ( Tabebuia Chrisotricha ). Pohon tabebuya adalah jenis tanaman pelindung yang memiliki bunga indah. pohon pelindung yang satu ini mampu memberikan nuansa indah untuk tanaman pelindung dan juga untuk kombinasi tanaman taman
  3. Pohon pule ( Alstonia Scholaris ). pohon pule memang terdengar aneh untuk taman namun dengan bentukan batang dan daun, tanaman ini mampu memikat mata untuk dapat di jadikan tanaman hias untuk tanaman pelindung.
  4. pohon beringin ( Ficus Benjamina ). pohon beringin atau pohon yang di gunakan untuk simbol salah satu partai ini dapat memberikan kesan hijau nan rindang untuk area panas dan tanaman ini juga banyak di gunakan untuk taman yang di bentuk sebagai tanaman bonsai seperti bonsai beringin korea, bonsai beringin elegan
  5. pohon plamboyan (Delonix Regia ). pohon plamboyan tanaman pelindung yang dapat berbunga seperti pohon tabebuya dan untuk ukuran yang tidak terlalu besar, tanaman ini banyak bula di gunakan tukang taman untuk di kombinasikan penghias taman untuk area taman yang lumayan luas
  6. pohon dadap merah (Fabaceae ). pohon dadap juga memiliki bunga dan dengan batang yang eksotis serta bunga yang indah tanaman ini pun mampu di jadikan tanaman tanam
  7. pohon trambesi
  8. pohon glodogan tiang
  9. pohon mahoni
  10. ketapang biola cantik
  11. pohon bintaro
  12. pohon kupu-kupu
  13. pohon kiara payung
  14. pohon cemara
  15. pohon palem
  16. Pohon liang liu

itulah beberapa contoh tanaman pelindung yang dapat di gunakan untuk taman dan tentunya masih banyak lagi tanaman pelindung yang dapat di gunakan untuk taman dan itu tergntung dari ahli penataan taman yang mengkombinasikan aneka tanaman untuk menciptakan taman yang indah. 

Demikianlah artikel kali ini mengenai "Jenis - Jenis Pohon Peneduh dan Kriterianya " kami buat. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua.
 
 
 

 
 
 

Posting Komentar untuk "Jenis - Jenis Pohon Peneduh dan Kriterianya - ATH Aneka Tanaman Hias"