Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi dan Bagian Bunga Mawar Hitam - ATH Aneka Tanaman Hias

Bunga mawar hitam adalah jenis bunga mawar yang bisa dikatakan langka di dunia. Bunga dengan nama latin Roses sp ini hanya tumbuh di daerah tertentu khususnya di hutan belantara bersuhu sejuk dengan curah hujan yang cukup tinggi.
 
Bunga mawar hitam dicirikan dengan warnanya yang hitam pekat serta batang tanamannya yang berduri. Warna hitam tersebut sebenarnya merupakan penumpukan warna merah pekat karena kandungan pigmen antosianin serta senyawa flavonoid yang sangat tinggi. Ciri lainnya terletak pada mahkota bunga yang berjumlah 5 helai daun.
 
Bunga Mawar Hitam

Selain itu, bunga mawar hitam muncul sebagai tanaman semak yang muncul dalam hutan yang sedikit cahaya matahari serta mampu bertahan pada cuaca dingin. Umumnya bunga mawar hitam tumbuh sebagai parasit pada pohon atau tanaman tertentu yang berukuran lebih besar.
 

Bagian Bunga Mawar Hitam

Bunga mawar hitam tersusun oleh beberapa bagian seperti bunga lainnya yaitu tangkai bunga, dasar bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, serta benang sari dan putik. Tangkai bunga merupakan cabang terakhir batang sebelum menjadi bunga.

Dasar bunga merupakan tumpuan utama bunga untuk tumbuh dan berkembang. Kelopak bunga adalah bagian bunga yang mempunyai fungsi sebagai hiasan serta melindungi bunga. Sedangkan mahkota bunga merupakan bagian bunga yang paling menarik yang berfungsi untuk memikat serangga yang berperan penting dalam membantu penyerbukan.
 
Benang sari dan putik mempunyai fungsi tersendiri pada tanaman berbunga. Keduanya merupakan alat reproduksi vegetative pada tumbuhan. Benang sari berperan sebagai sel jantan sedangkan putik berfungsi sebagai sel betinanya.

Benang sari tersusun oleh beberapa bagian yaitu kepala sari, tangkai sari, serta pendukung kepala sari. Di dalam kepala sari inilah terdapat serbuk sari yang nantinya akan membuahi putik. Sedangkan putik juga tersusun oleh beberapa bagian yaitu kepala putik, tangkai putik, serta bakal biji.

Bunga mawar hitam mempunyai jumlah putik yang lebih banyak dibandingkan dengan tanaman berbunga lainnya. Ini menyebabkan bunga mawar mempunyai benih yang banyak yang berperan dalam perkembangan spesiesnya yang beragam.
 

Klasifikasi Bunga Mawar Hitam

Klasifikasi ilmiah bunga mawar hitam menempatkannya pada kelas Magnoliopsida, ordo Rosales, dan masuk dalam family Rosaceae. Jenis bunga mawar hitam yang terkenal contohnya adalah mawar hitam Halfeti Turki. Bunga mawar hitam sering dianggap sebagai lambang kematian dan perpisahan. Keunikannya membuat bunga ini sangat spesial dan disukai oleh banyak orang.

Posting Komentar untuk "Klasifikasi dan Bagian Bunga Mawar Hitam - ATH Aneka Tanaman Hias"