Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Macam Jenis Rumput Sesuai dengan Kondisi Lingkungannya - ATH Aneka Tanaman Hias

Jika kita akan merencanakan akan membangun sebuah taman. Maka, rumput merupakan elemen yang sangat penting berada didalamnya.

Tidak hanya sekadar untuk menutupi tanah, keindahan tekstur dan warna rumput mampu menjadi salah satu elemen yang mempercantik tampilan dari sebuah taman.

Ada banyak sekali jenis rumput yang bisa kalian gunakan. Beberapa di antaranya sudah tidak asing ditelinga kita karena sering dipakai untuk sebuah taman, seperti rumput jepang atau rumput gajah mini.

Namun daripada itu, kalian tidak boleh sembarang dalam memilih rumput untuk sebuah taman, ini dikarenakan masing-masing jenis rumput memiliki ciri khas tersendiri. Ada baiknya kalian pilih rumput untuk taman yang sesuai dengan tipe atau karakter taman yang kalian miliki.

Rumput Gajah

Rumputu yang satu ini mempunyai Harga yang relatif murah dan mudah bertahan hidup di mana saja meskipun pada tempat tersebut mempunyai kadar air yang kurang dan ini merupakan salah satu keunggulan dari rumput gajah tersebut.

Rumput gajah ini mempunyai beragam jenis dan salah satu yang paling populer untuk digunakan sebagai taman adalah rumput gajah varietas rumput gajah mini.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, rumput gajah mini memiliki daun yang lebih kecil dan dapat bertahan hidup di daerah yang minim cahaya matahari. Rumput gajah cocok untuk digunakan pada taman dalam atau luar bangunan. Dan juga sangat cocok untuk taman berkebun.

Rumput Jepang

Rumput jepang ini mempunyai karakteristik daun yang kecil, halus dan memanjang. Agar rumput jepang ini tumbuh sempurna, rumput jepang ini  memerlukan sinar matahari yang cukup, dipangkas yang rutin yaitu minimal sebulan sekali agar terlihat rapi dan juga pemberian pupuk urea minimal 2 minggu sekali.

Rumput jepang yang terlalu rimbun akan menghambat sinar matahari hingga ke bagian bawah, sehingga rumput akan tumbuh berwarna kuning.

Rumput Peking

Rumput peking mempunyai karakteristik yang hampir sama dengan rumput jepang. Namun yang membedakan dar rumput jepang, rumput peking memiliki tekstur daun yang lebih jarang dan lebih halus.

Rumput peking juga sanggup bertahan pada cuaca dingin. Untuk Soal harga, rumput peking ini tergolong mahal karena tampilannya yang rapi akan menambah kesan mewah dari sebuah taman rumah.

Rumput peking cocok digunakan untuk rumah yang mengadopsi gaya desain Jepang. Dan juga dapat diaplikasikan pada taman halaman depan yang tidak dilalui orang, atau taman di dalam rumah, misalnya menghias pinggir kolam ikan.

Rumput Golf

Rumput golf memiliki tampilan yang sangat menawan dan rapi, namun rumit dalam hal perawatan karena memerlukan sinar matahari yang cukup. Rumput Golf ini memiliki ukuran daun yang lebih pendek dibandingkan jenis rumput lain. 

Rumput Golf ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada taman terbuka di daerah tropis. Dan untuk pemeliharaan, pemotongan minimal dua minggu sekali dan tidak tahan injak.

Jika ingin menggunakan rumput golf dalam mendekorasi hunian, sebaiknya konsultasikan dulu pada ahli lanskap. Sebab, rumput golf tidak dapat tumbuh di sembarang tempat. Jika anda tertarik untuk membudidayakan rumput golf ini silakan simak tulisan dibawah ini.

Rumput Swiss

Rumput ini memiliki karakteristik daun yang paling halus dibanding semua jenis rumput. Rumput ini memerlukan pencahayaan matahari sekitar 80%.

Perawatan rumput swiss terbilang rumit. Rumput harus dipangkas minimal satu buan sekali, pemupukan harus menggunakan pupuk urea, dan untuk menghasilkan rumput yang baik rumput tidak boleh dibiarkan lembap.

Rumput swiss cocok digunakan pada pekarangan rumah terbuka yang cukup terkena sinar matahari. Sebaiknya digunakan untuk taman yang tidak dilalui orang.

Demikianlah postingan saya kali ini mengenai "5 Macam Jenis Rumput Sesuai dengan Kondisi Lingkungannya". Semoga dapat dijadikan referensi buat kalian semua dalam memilih jenis jenis rumput yang kalian butuhkan.
 
 
 
 

 

Posting Komentar untuk "5 Macam Jenis Rumput Sesuai dengan Kondisi Lingkungannya - ATH Aneka Tanaman Hias"