Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aneka Jenis Buah Rambutan - ATH Aneka Tanaman Hias

Rambutan (Nephelii lappacei) banyak ditanam sebagai pohon buah, terkadang ditemukan sebagai tumbuhan liar, terutama di luar Jawa. Rambutan adalah salah satu buah yang hampir ada di seluruh wilayah Indonesia. Kata "rambutan" berasal dari buahnya yang berambut. Rasa buah rambutan manis dan segar, namun ada juga yang masam. Buah rambutan paling banyak dijumpai ketika musim hujan dan jumlahnya sangat melimpah. Di Indonesia terdapat beragam jenis rambutan yang tersebar di berbagai wilayah. Tumbuhan tropis ini memerlukan iklim lembab dengan curah hujan tahunan paling sedikit 2000 mm. rambutan merupakan tanaman dataran rendah hingga ketinggian 300-600 mdpl. Biasanya tumbuhan ini tingginya antara 15-25 m, bercabang-cabang, dan daunnya berwarna hijau. Buah bentuknya bulat lonjong, panjang 3-5 cm dengan duri tempel (rambut) lemas sampai kaku. Kulit buah berwarna hijau, dan menjadi kuning atau merah kalau sudah masak. Dinding buah tebal. Biji berbentuk elips, terbungkus daging buah berwarna putih transparan yang dapat dimakan dan banyak mengandung air.

Rasanya bervariasi dari masam sampai manis. Kulit biji tipis berkayu. Umumnya rambutan berbunga pada akhir musim kemarau dan membentuk buah pada musim hujan, sekitar November sampai Februari. Berikut beberapa jenis rambutan yang ada di Indonesia.
 

Rambutan Rapiah

Rambutan Rapiah

Rambutan rapiah berwarna kuning agak kehijauan dan berambut pendek serta kasar. Meskipun penampilannya tidak menarik namun rasanya manis, buahnya tebal, kenyal dan mudah mengelupas buahnya atau ngelotok. 

Rambutan Narmada

Rambutan Narmada

Buahnya berwarna cerah kuning kemerahan. Rasanya manis dengan kulit buah kenyal dan tidak lembek. Berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Rambutan Sinyonya

Rambutan Sinyonya

Warnanya merah menyala dan memiliki rambut yang lebat. Rasa buahnya masam dan sedikit manis. Kulit buahnya tipis dan menempel pada biji buah. Memiliki kadar air yang cukup tinggi sehingga cenderung lembek. 

Rambutan Binjai

Rambutan Binjai

Berwarna merah tua hingga merah darah dengan rambut agak jarang dan kasar. Memiliki rasa buah yang manis dan daging buah yang tebal dan ngelotok. 

Rambutan Garuda

Rambutan Garuda

Rambutan garuda memiliki buah lebih besar dibandingkan buah rambutan pada umumnya. Berasal dari daerah sungai andai, Kalimantan Selatan. Buahnya berwarna merah dengan ujung kekuningan. Rasnya manis, agak gurih dan cenderung lebih kering dibandingkan rambutan jenis lain.

Rambutan Kapulasan

Rambutan Kapulasan

Buah rambutan kapulasan berwarna merah kecoklatan dengan kulit tebal dan rambut buah pendek dan kasar. Kulit buahnya kenyal dan kering dengan rasa asam manis.

Demikianlah postingan kali ini mengenai "Aneka Jenis Rambutan". Semoga bisa menambah sedikit pengetahuan bagi kita.

Posting Komentar untuk "Aneka Jenis Buah Rambutan - ATH Aneka Tanaman Hias"