Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menanam Blueberry - ATH Aneka Tanaman Hias

Pada umumnya kebanyakan dari pencinta buah-buahan lebih suka untuk menikmati memakan buah saja daripada menanamnya, namun sebenarnya saat ini buah blueberry adalah buah yang sangat pantas untuk ditanaman di pekarangan rumah. Tanaman ini mengeluarkan banyak kembang kecilnya pada saat musim dingin berlangsung di area tropis dan subtropis, atau bisa dikatakan dapat bersemi dengan baik di wilayah yang lebih dingin.

Daunnya akan terlihat hijau mengkilap di musim panas dan pada saat musim gugur akan berubah menjadi daun yang berwarna merah. Blueberry tropis hanya memerlukan 100 – 200 jam kondisi dingin dan dapat pula dengan baik tumbuh pada iklim yang hangat, bahkan di Florida Selatan.

Buah Blueberry

Buah blueberry ini memerlukan perhatian istimewa dari kebanyakan penanamnya, karena ia membutuhkan kondisi khusus untuk pertumbuhannya, yang diantaranya adalah: Ia memerlukan kadar asam yang tinggi dan lahan dengan system pengairan yang sangat baik, dimana hal tersebut tidaklah umum di banyak situasi.

Blueberry dapat tumbuh dengan baik pada lahan yang terbuka, dimana mendapat sinar matahari secara langsung namun dapat pula hidup pada kondisi keteduhan yang parsial, hanya saja pada saat keteduhan meningkat akan menyebabkan perkembangan bunga menjadi lebih sedikit.

Oleh karenanya pertimbangan waktu dan upaya untuk menyiapkan lahan tanaman ini memerlukan kecermatan dan investasi yang bijaksana. Lahan harus dipersiapkan dengan baik, dan ketika memutuskan untuk menanam tanaman lain secara bersamaan, hasil yang lebih memuaskan akan diperoleh jika lahan dipersiapkan secara berbarengan dengan tidak mempersiapkan lubang bibit secara individu.

Tanaman Blueberry tumbuh subur pada lahan asam dengan kadar pH 4.0 hingga 5.0 dengan system pengairan yang baik, kondisi terbuka, dan banyak mengandung bahan organik. Kadar pH suatu lahan dapat diketahui dengan alat pengukur pH. Umumnya pada lahan di Florida masih memerlukan perbaikan. Jika lahan anda tidak terlalu bersifat alkali (pH antara 6 hingga 7), maka anda dapat menambahkan pupuk organik yang telah diproses pembakaran, hanya pada bagian atas lahan saja.

Pupuk organik yang telah dibakar akan menambah kadar keasaman dan sekaligus meningkatkan material organik pada areal lahan tersebut. Ketinggian level air pada lahan harus setidaknya berjarak 1 kaki dari permukaan tanah, karena jika tidak akan mengakibatkan akar menjadi terganggu atau tanaman menjadi mati lemas karena akar terendam air.

Bahan campuran belerang (sulfur) tertentu dapat digunakan untuk menambah kadar keasaman tanah. Pastikan terlebih dahulu untuk mengecek kadar pH tanah dengan alat pengukur pH atau professional yang ahli dibidangnya, untuk menghitung dan memastikan kandungan kimia yang terdapat pada suatu lahan tersebut, beberapa bahan kimia, seperti : Alumunium Sulfat sangat tidak direkomendasikan, karena sebagai salah satu bahan kimia yang harus dihindari yang dapat meracuni akar tumbuhan Blueberry ini.

Sebagai tambahan, selain kebutuhan akan lahan yang asam, blueberry memerlukan lahan yang memiliki system aerasi dan perairan yang baik. Kebanyakan lahan tidak sesuai sebagai lahan untuk penanaman blueberry, maka pemuliaan lahan sangatlah diperlukan. Di Florida, hasil yang baik diperoleh dengan cara mengembangkan tanaman blueberry ini pada wadah atau tempat khusus untuk penanamannya dengan tinggi sekitar 1 kaki.

Beberapa penanamnya menggunakan gelondongan kulit kayu dari pohon pinus, karena terdapat beberapa keunggulan, diantaranya: memiliki pH yang rendah, mudah pada saat pengaliran air, dan menyediakan banyak unsur organik didalamnya. Selama musim panas yang basah di Florida akar akan mempunyai udara yang cukup. Sedangkan Blueberry yang tumbuh pada wadah atau tempat penanaman khusus akan memerlukan pengairan yang lebih sering. Blueberry dapat pula dengan mudah untuk tumbuh didalam pot, namun pastikan untuk menggunakan pupuk yang tepat. Dan menambahkan sekitar 15 – 25% dari volume, dengan tanah yang telah dicampur hasil bakaran pupuk untuk mengurangi pH tanah dalam pot

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menanam Blueberry - ATH Aneka Tanaman Hias"