Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Melati - ATH Aneka Tanaman Hias

Tips Menanam dan Merawat Bunga Melati | Bunga melati adalah salah satu jenis bunga yang cukup populer di tengah-tengah masyarakat. Selain karena bunga melati mempunyai penampilan yang menawan, bunga melati juga mempunyai aroma wangi yang khas dan semerbak. Bunga melati juga sering digunakan dalam ritual-ritual penting dalam masyarakat seperti pernikahan. Pada postingan kali ini, akan disajikan tips-tips untuk merawat dan membudidayakan bunga melati. Kita akan mulai membahas tentang bunga melati dari pembibitan hingga pemeliharaannya agar bunga melati ini rajin berbuah.

Berikut tips-tips penanaman dan pemeliharaan bunga melati :

Bunga Melati

Pemilihan bibit

Pemilihan bibit tentunya harus dilakukan dengan cara yang cermat untuk menghindari masalah dan penyakit yang akan timbul kemudian pada bunga melati ketika sudah dewasa. Pemilihan bibit bisa berdasarkan pada kualitas indukan bunga melati yang akan kita stek atau cangkok

Penanaman bibit

Bibit yang diperlukan adalah stek batang sepanjang kurang lebih 12 Cm, stek yang sudah ada ditanamkan dalam polybag. Setelah itu, Anda bisa mendiamkan polybag yang sudah ditanami hasil stek tadi di tempat yang teduh. Tunggulah hingga muncul pucuk baru. Hal yang harus dilakukan setiap hari adalah penyiraman secara berkala. Baru setelah muncul pucuk baru, Anda bisa memindahkannya pada pot.

Membuang gulma dan hama

Hama dan gulma selalu menjadi penyebab utama kerusakan tanaman. Supaya nutrisi makanan tanaman tidak diganggu oleh gulma dan rumput liar, gulma tersebut harus dicabut hingga ke akarnya.

Penyiraman dan pemupukan

Air dan pupuk adalah dua unsur penting sebagai zat makanan untuk pertumbuhan. Supaya batang, daun dan bunga melati tumbuh subur dan sehat, penyiraman harus dilakukan setiap hari, sebaiknya dilakukan pagi dan sore. Jika melati ini kekurangan air, maka akan sangat sulit untuk berbunga, bahkan lama-lama bisa layu dan mati. Kebanyakan air juga bisa menyebabkan pembusukan akar. Jadi, pengairan harus benar-benar pada dosis seharusnya. Penyiraman jika penguapan tinggi (cuaca panas) sebaiknya dilakukan 2 kali sehari.

Demikianlah tips kali ini yang mengenai "Tips Menanam dan Merawat Bunga Melati". Semoga bermanfaat buat kalian semua.

Posting Komentar untuk "Tips Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Melati - ATH Aneka Tanaman Hias"