Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menanam Tanaman Hias Bunga Anyelir - ATH Aneka Tanaman Hias

Cara Mudah Menanam Bunga Anyelir | Bunga anyelir berasal dari kawasan Mediterania. Warnanya yang menarik membuat bunga cepat terkenal dan kemudian menyebar ke seluruh dunia, termasuk ke Indonesia. Sebagai tanaman hias, anyelir sangat cocok untuk memperindah taman rumah anda.

Di Indonesia, selain dikenal dengan nama anyelir bunga ini juga dikenal dengan nama bunga teluki. Terdapat dua jenis tanaman hias ini. Yang pertama adalah anyelir dengan satu bunga di tiap tangkai. Jenis kedua adalah jenis spray, yang memiliki banayak bunga pada satu tangkai. Keduanya mempunyai corak bunga yang bermacam-macam namun tetap indah mempesona.

Anyelir Putih Ungu

Warna bunga yang mencolok membuat anyelir sangat cocok dijadikan point of interest di taman anda.

Tempatkan bunga anyelir pada tempat yang paling mudah terlihat. Bisa saja di tengah atau pada sudut area taman. Sebagai fokus, jangan tempatkan bunga yang berwarna mencolok dekat dengan bunga anyelir. Hal ini akan mengaburkan tujuan penempatan bunga anyelir sebagai pusat perhatian di taman anda.

Hindari penempatan bunga anyelir pada tampak depan taman. Tanaman lain akan menjadi “redup” karena perhatian akan tersedot pada bunga anyelir yang berwarna cerah mencolok.

Cara menanam bunga anyelir tidaklah sulit. Bunga ini tumbuh pada daerah dengan suhu sedang 20-27 derajat celcius. Tempatkan tanaman pada daerah yang terlindung dari cahaya matahari langsung.

Sebagai media tanam, gunakan campuran tanah, pasir dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Isi pot dengan media tanam sampai 2/3 bagian pot. Jangan lupa untuk memberi lubang yang cukup apda bagian bawah pot untuk drainase air. Kemudian tanam biji anyelir. Tidak perlu dalam menanam biji anyelir. Cukup letakkan dan tutup dengan tanah, kemudian disiram. Tempatkan dalam daerah yang sejuk, namun cukup terkena cahaya matahari. Jaga kelembaban tanah, agar anyelir dapat tumbuh dengan baik.

Setelah bibit anyelir mulai tumbuh daun, pot bisa dipindah ke daerah yang lebih terang. Siram tanaman secara teratur, cukup sekali sehari agar tanah tetap lembab. Pemupukan dilakukan dengan memberi pupuk KCl, Urea dan NPK sebulan sekali.

Jika tumbuh dengan baik, tiap tangkai akan menghasilkan bunga yang akan mekar menyemarakkan taman rumah anda.

Selain dengan biji, anyelir juga dapat ditanam dengan tunas yang ada pada ujung tangkai. Pilih tunas dari tanaman induk yang berusia kurang lebih 4 bulan. Tanam pada media tanam yang sama dengan yang disebutkan di atas.

Dengan perawatan yang baik, anyelir dapat berusia 18-20 bulan. Di atas usia itu, anyelir tidak lagi produktif menghasilkan bunga. Segera cabut bunga nyelir tersebut dan ganti dengan tanaman yang baru.

Demikianlah artikel kali ini mengenai "Cara Mudah Menanam Bunga Anyelir". semoga bermanfaat buat kalian semua.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menanam Tanaman Hias Bunga Anyelir - ATH Aneka Tanaman Hias"