Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menanam Anggrek Dengan Media Tanam Sabut Kelapa - ATH Aneka Tanaman Hias

Tips Menanam Anggrek Dengan Media Tanam Sabut Kelapa | Siapa  tidak kenal Kelapa? Buah yang terdapat di satu jenis tumbuhan dari suku aren-arenan atau Arecaceae  adalah anggota tunggal dalam marga Cocos. 

Klasifikasi ilmiah Kelapa
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Monocots
(tidak termasuk) Commelinids
Ordo: Arecales
Famili: Arecaceae
Upafamili: Arecoideae
Bangsa: Cocoeae
Genus: Cocos
Spesies: C. nucifera

Nama binomial: Cocos nucifera
 
Kelapa mempunyai  diameter 15 - 20 cm bahkan lebih, berwarna hijau, coklat atau kuning. Bagian luar berupa exocarpium yang sangat kuat, berserat kasar yang disebut 'sabut'. Sabut  berfungsi untuk melindungi bagian endocarpium yang keras (disebut tempurung atau batok) .

Satu butir buah kelapa menghasilkan 0,4 kg sabut yang mengandung 30% serat. Ketebalan serat sabut kelapa berkisar antara 5 - 7 cm. Komposisi kimia sabut kelapa terdiri atas selulosa, lignin, pyroligneous acid, gas, arang, ter, tannin, dan potasium (Rindengan et al., 1995).

Pemanfaatan sabut kelapa yang sangat menarik adalah sebagai coco chip yaitu sabut kelapa yang diolah menjadi kotak-kotak untuk media tanam anggrek. Coco chip dapat menahan kandungan air dan unsur kimia  pupuk serta menetralkan kadar asam. Coco Chip banyak digunakan sebagai media tanam anggrek di Thailand.

Kekurangan Sabut kelapa  adalah banyak mengandung zat tanin yang diketahui sebagai zat penghambat pertumbuhan tanaman. Tidak heran bila kita menggunakan media sabut kelapa tanpa diolah , akar tanaman anggrek akan busuk dan mati.

Untuk menghilangkan zat tanin yang berlebihan, bisa dilakukan dengan perendaman didalam air bersih sampai 1 - 2 minggu.

Asosiasi Petani anggrek semarang 'Multiflora' menggunakan sabut kelapa sebagai media anggrek sejak 4 tahun yang lalu. Terbatas dan dilarangnya media pakis membuat Petani anggrek semarang beralih ke sabut. Menurut Miyono, sabut yang paling bagus adalah dari kelapa tua. Biasanya petani disini sering menyebut dengan kelapa bulan sabit. Bentuk sabut yang disisakan di batok/kelapa tua menyerupai bulan sabit kata Miyono ketua kelompok tani Lestarinda  Mijen.

Beda dengan petani Thailand, petani anggrek semarang lebih suka menggunakan serat sabut kelapa. Menggunakan fiber/serat sabut tidak takut kelebihan air karena serat sabut kelapa lebih cepat melepas air, jadi tidak terlalu basah di media. Serat sabut kelapa sangat cocok untuk media anggrek dendrobium, cattleya, oncidium dan phalaenopsis.

Berikut cara mengolah sabut kelapa versi Asosiasi 'Multiflora'
  1. Sediakan Sabut kelapa tua (Bulan Sabit). Sabut diurai, diambil seratnya. Dipotong 2 - 3 cm. Rendam dalam larutan 'Tawas' (uk: 20 liter air / 1 sendok makan tawas).
  2. Setelah 1 hari, air keruh (coklat kemerahan) dibuang dan diganti dengan air bersih yang baru (tidak diberi tawas).
  3. Lakukan point ke 2 sampai air menjadi bening. ( sekitar  3 hari).
  4. Jemur sampai kering bila ingin di kemasi atau segera dipakai untuk media anggrek dalam kondisi lembab.

catatan:
  1. Sabut kelapa akan cepat lapuk bila kita menggunakan sabut yang masih muda. Proses pelapukan sabut sering terjadi di dasar pot. Segera ganti media bila proses pelapukan diikuti dengan munculnya jamur. Jika tidak diitemukan jamur, media yang berkurang karena pelapukan bisa ditambah dengan yang baru.
  2. Proses pelapukan memakan waktu sekitar 4 - 6 bulan.
    Sabut diurai, dipotong 2-3 cm, rendam dalam larutan tawas.
  3. Gunakan tawas:  1 sendok teh / 20 liter air   


Sabut Kelapa sebagai media tanam anggrek

Tawas

Tawas merupakan senyawa kimia berupa garam sulfat yang memiliki banyak sekali ragamnya, salah satunya yang paling populer adalah Aluminum Sulfat. Alumunium Sulfat   digunakan oleh PDAM untuk memproses air sungai menjadi air bersih (oleh karena itu disebut juga dengan nama populer Alum). Tawas bisa di beli di toko material atau toko kimia.

Demikianlah postingan kali ini mengenai "Tips Menanam Anggrek Dengan Media Tanam Sabut Kelapa", semoga bermanfaat buat kalian semua.

Posting Komentar untuk "Tips Menanam Anggrek Dengan Media Tanam Sabut Kelapa - ATH Aneka Tanaman Hias"