Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mudah Merawat Tanaman Buah Dalam Pot - ATH Aneka Tanaman Hias

Menjaga dan merawat tanaman buah dalam pot agar tetap segar tidaklah sulit. Biasanya pertumbuhan tanaman dalam pot terhalang oleh media pot itu sendiri, namun perhatikanlah Tips berikut:
 
Tips Merawat Tambulampot
 

Tips Mudah Merawat Tanaman Buah Dalam Pot

  1. Penyiraman. Pada saat musim kemarau penyiraman sangatlah diperlukan. Lakukanlah pengendapan semalam jika Anda memakai air PAM yang biasanya mengandung kaporit. Keesokannya siramkan pada tanaman. 12 jam adalah waktu maksimal untuk air siraman menggenang. Karena, penyakit busuk akar bisa ditimbulkan dari genangan air. Musim juga menentukan penyiraman. Sebaiknya cukup sekali sehari menyiram tanaman saat musim panas setiap sebelum jam 9 pagi atau sore sesudah jam 4 sore. 
  2. Penggemburan. Hindari kepadatan pada bibit tanaman di media tanam. Janganlah melakukan penyiraman agar tidak terjadi kepadatan media. Gunakan sekop kecil untuk penggemburan dengan tetap berhati-hati agar akarnya tidak rusak.
  3. Pemupukan. Dalam menanam bibit tanaman, tidak hanya pupuk kandang, media tanam juga memerlukan pupuk organik. Sampai umur 2 tahun, setiap 4 bulan, tambahkan NPK (15:15:15) sebanyak 25 gram per drum. Sejak umur 3 tahun dan seterusnya, setiap drum diberi 100 gram NPK (15:15:15). Caranya, benamkan pupuk NPK sedalam 10 cm, lalu siram hingga cukup basah. 
  4. Penggantian Tanah. Lakukanlah penggantian media tanah tanaman setahun sekali. Namun media pot harus segera diganti jika akarnya sudah jebol. 
  5. Pemangkasan. Saat tanaman berumur kurang dari setahun atau tinggi batang sekitar 75-100 cm dari permukaan drum, lakukan pemangkasan perdana. Caranya pilih 3 cabang primer. Bila panjang cabang primer mencapai 50 cm, pangkas ujungnya hingga tumbuh cabang-cabang sekunder. Pilihlah 3 cabang sekunder per cabang primer. Kemudian pangkas ujung cabang sekunder sampai tumbuh cabang tersier. Setelah itu pilih 3 cabang tersier. Maka pembungaan dan pembuahan pun terjadi. Contohnya tanaman rambutan, di samping untuk membentuk habitus (kanopi) tanaman agar tampak pendek, juga agar cabang dan pertumbuhannya seimbang.
Pembaca Setia Ath, tanaman pun makhluk hidup yang perlu dirawat dan disayang. Bagaimana dengan tanaman di rumah Anda?

Posting Komentar untuk "Tips Mudah Merawat Tanaman Buah Dalam Pot - ATH Aneka Tanaman Hias"