Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kriteria Memilih Tanaman Hias Dalam Ruangan - ATH Aneka Tanaman Hias

Tanaman hias yang dikategorikan sebagai tanaman hias dalam ruangan harus mempunyai ketahanan hidup dalam ruangan, tahan terhadap temperatur ruangan, tahan terhadap kelembaban yang rendah, sirkulasi udara yang relatif sedikit dan juga harus bisa menyesuaikan dengan ruangan ber AC. Ketahanan dalam ruangan ini minimal selama 2 minggu.

Tanaman Hias Dalam Ruangan

Keberlangsungan hidup tanaman hias dalam ruangan juga sangat ditentukan oleh media tanam yang digunakan. Media tanam untuk tanaman hias indoor harus punya sifat porous, yang dapat menahan sedikit air. Dan media tanam yang cocok adalah sekam bakar, cacahan pakis, cocopeat atau campuran disesuaikan dengan jenis tanaman hias yang akan ditanam. Juga perlu ditambah humus daun atau pupuk kandang yang sudah diproses.

Ingat!!! Tidak semua jenis tanaman hias cocok diletakkan didalam ruangan. Ada beberapa kriteria untuk memudahkan memilih tanaman hias yang dapat dipergunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan. Kriteria yang perlu dipertimbangkan adalah sebagai berikut:

Berdasarkan Jenis Dan Fungsi Sebagai Tanaman Hias Dalam Ruangan.

Tanaman hias ada dua jenis, yaitu  tanaman hias berbunga dan tanaman hias yang tidak berbunga atau biasa disebut tanaman hias daun.

Tanaman hias berbunga dinikmati karena keindahan bunganya misalnya anggrek, adenium, mawar. Tanaman hias daun dinikmati karena keindahan corak dan warna daunnya, misalnya anthurium, aglaonema, sanseviera.

Jenis tanaman hias yang dapat digunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan banyak dari tanaman hias daun. Namun juga ada beberapa tanaman hias bunga bisa kita gunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan. Tetapi jumlahnya tidak sebanyak tanaman hias daun.

Fungsi tanaman hias dalam ruangan bermacam-macam, seperti:
  1. Sebagai pembatas pandangan, tanaman hias yang digunakan harus cukup besar dan berdaun lebat. Contoh, andiantum, aglaonema, sanseviera, caladium, philodendron, cordyline, dracaena dan lain - lain.
  2. Sebagai memperindah sudut ruangan, tanaman hias yang dipakai harus memenuhi kriteria seperti berdaun unik dan berwarna indah. Contohnya, anthurium bunga, begonia, spathiphylum, anggrek


Berdasarkan Daya Tahan Tanaman

Tanaman hias memiliki daya tahan yang berbeda-beda terhadap lingkungan. Seperti intensitas cahaya, kelembaban, sirkulasi udara dan temperatur. Tanaman hias yang tahan akan intensitas cahaya matahari yang rendah, Juga tahan terhadap udara kering dengan sedikit sirkulasi dan tahan terhadap temperatur sedang serta perbedaan temperatur siang dan malam yang ekstrem dapat digunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan.

Namun, bukan berarti tanaman tersebut tahan selamanya dalam ruangan. perputaran tanaman tetap diperlukan. Minimal 2 minggu sekali perputaran dilakukan. Tanaman hias dari dalam ruangan diletakkan kembali diluar. Dengan tujuan untuk memberikan kesegaran dan agar tetap tumbuh dengan baik. Karena fotosintesis tanaman tetap membutuhkan sinar matahari.

Didasarkan Pada Sistem Perawatan Tanaman.

Perbedaan ketahanan tanaman hias pada lingkungannya, membuat tanaman hias tersebut mempunyai sistem perawatan yang berbeda pula. Rata-rata tanaman hias yang memerlukan intensitas matahari yang tinggi mempunyai sistem perawatan yang paling gampang. Namun demikian jenis tanaman hias dalam ruangan, ada juga yang butuh perawatan intensif dan ada yang mudah perawatannya.

Disarankan untuk pehobiis pemula dalam memilih tanaman hias dalam ruangan untuk mencari tanaman hias dalam ruangan yang perawatannya sedikit dan mudah.

Mudah perawatan artinya kegiatan perawatan tanaman hias tersebut mudah dan cepat dilakukan oleh siapapun. Yang termasuk tanaman hias indoor mudah dirawat; sanseviera, dracaena, philodendron. Sedang yang butuh perawatan intensif; aglaonema, anthurium, calladium, anggrek.

Untuk mengkoleksi tanaman hias dalam ruangan memang gampang-gampang susah, dan perlu ketelatenan. Namun mempunyai kepuasan tersendiri, dan kepuasan memandang tanaman hias tersebut dapat dibawanya kedalam rumah bahkan sampai ke dalam kamar tidur. 

Tadi merupakan sekilas tentang Kriteria Memilih Tanaman Hias Dalam Ruangan, jika anda tidak keberatan, anda juga bisa membaca artikel kami yang lain  tentang "Hal - hal yang harus diperhatikan dal budidaya tanaman hias"

Posting Komentar untuk "Kriteria Memilih Tanaman Hias Dalam Ruangan - ATH Aneka Tanaman Hias"